TipsMakanSehatAgarTetapOnTrackSaatTraveling

October 02, 2019Qubicle Travel
Sudah tahu apa saja tips makan sehat agar tetap on track saat sedang traveling?

Bagi para penganut gaya hidup sehat, traveling kadang jadi alasan untuk cheating secara berlebihan. Alasannya, mereka tidak bisa menemukan bahan makanan yang tepat untuk memenuhi nutrisi sesuai ketentuan. Ditambah lagi, kuliner daerah asal sangat menggiurkan, kapan lagi punya kesempatan untuk mencoba? Jika tidak punya kontrol diri bisa jadi sepulangnya berat badan malah meningkat. Sebenarnya traveling tidak bisa jadi alasan untuk kehilangan kebiasaan makan sehatmu karena ada beberapa tips makan sehat agar tetap on track saat traveling di bawah ini.

photo: Sara Cervera

Bawa Camilan Sehat

Mungkin tips makan sehat ini jadi salah satu hal yang paling dibenci banyak orang. Alasannya akan sangat ribet untuk bawa camilan sehat dan menyelipkannya ke sela-sela packing. Padahal, kamu bisa membawa yogurt atau telur rebut daripada bawa sosis siap saji. Atau, bisa membawa granola bar atau kacang-kacangan untuk pengganti ciki. Kebiasaan kecil inilah yang akan membantumu untuk tetap on track walau traveling.

photo: Brooke Lark

Atur Porsi Makan

Tentu makanan daerah asli yang dikunjungi saat traveling sangat menggiurkan. Terlebih kita tidak selalu mendapatkan kesempatan untuk mencobanya. Jika memang sangat tergiur, kamu bisa tetap menyantapnya, asalkan porsinya tidak melebihi kebutuhan kalorimu dalam sehari. Kamu bisa share satu porsi dengan teman traveling-mu. Sehingga kamu tetap berkesempatan mencoba makanan khas tersebut tanpa harus berlebihan dalam sisi kalori.

photo: Andy Wang

Jangan Lewatkan Sarapan

Biasanya saat menetap di satu hotel mereka akan memberikan benefit sarapan untuk para pengguna jasanya. Bukan masalah tidak mau rugi, melewatkan sarapan hanya akan membuatmu makan lebih banyak di kemudian waktu. Pastikan kamu selalu mengisi perut saat traveling. Bahkan, karena ini disantap pada pagi hari kamu bisa agak bebas dalam hal pemilihan makanan karena aktivitas yang dilakukan setelahnya akan membantu tubuhmu membakar kalori yang berlebihan.

photo: Brooke Lark

Pilih Menu Makanan

Walaupun kamu sedang berlibur, memilih makanan yang harus kamu konsumsi saat liburan adalah sebuat keharusan. Misalnya saat prasmanan di hotel, maksimalkan protein dan sayuran dengan pengolahan yang aman untuk tubuh supaya nutrisimu tetap terpenuhi. Jika bisa, hindari makanan yang berat tapi zero nutrition. Dengan begitu, clean eating-mu akan tetap berjalan tanpa harus cheating berlebihan.

Itu dia beberapa tips makan sehat yang bisa kamu lakukan saat traveling agar tetap on track. Jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri untuk berolahraga ringan di kamar hotel sebelum beraktivitas maupun sebelum tidur. Jika ada fasilitas gym atau swimming pool, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengolah tubuh agar tetap in shape.

photo cover & thumbnail: Sonnie Hiles

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US